Tips Tetap Produktif Meski Belajar di Rumah

Tips Tetap Produktif Meski Belajar di Rumah

Akhir-akhir ini Indonesia dikabarkan dengan penyebaran corona yang sangat pesat di berbagai daerah. Semakin tingginya penyebaran ini, pemerintah melakukan kebijakan untuk menutup sekolah selama beberapa minggu. Nah, karena sekarang belajar dari rumah, mungkin kamu akan cepat merasa bosan dan kurang produktif. Kadang juga terjadi kendala pada signal yang membuat materi yang disampaikan kurang maksimal, semangat untuk belajar pun menjadi kurang. Tapi tenang, kamu bisa lakukan tips berikut ini agar kamu tetap produktif saat belajar di rumah.

  1. Membuat jadwal kegiatan harian

Kamu bisa membuat jadwal harian agar tetap produktif walau hanya dirumah saja. Bisa diawali dari hari senin sampai minggu dan kamu isi kegiatan setiap harinya dengan kegiatan positif. Atur waktu setiap kegiatannya semisalnya, pada saat pagi hari kamu olahraga 30 menit, belajar selama 1 jam. Jika dibuat seperti ini waktu kamu akan lebih efektif, dan tidak hanya bermain HP saja. Bikin semenarik mungkin jadwal kegiatan harimu supaya kamu tidak gampang bosan, kalau kamu adalah orang yang kreatif mungkin bisa menghias lembaran kertas jadwalmu agar terkesan estetika.

  1. Membuat area belajar yang nyaman

Mencari ketenangan saat belajar sebaiknya menjahui suara bising yang dapat mengganggu konsentrasi. Jika kamu punya ruang belajar sendiri itu akan lebih baik, pencahayaan ruangan juga perlu diperhatikan agar penglihatannya saat belajar lebih jelas. Belajarlah di atas meja dan tempat duduk yang nyaman buat kamu, jangan belajar diatas kasur, nanti bukannya fokus belajar, tapi kamu malah ketiduran.

  1. Berhenti dari aktivitas media sosial selama belajar

Nah, karena sekarang musim pandemi covid-19, sekarang kita diharuskan belajar secara online dengan menggunakan HP maupun laptop. Belajar online akan muncul notifikasi media sosial kamu yang mungkin akan mengalihkan konsentrasimu dalam belajar. Jadi ketika kamu mau belajar, notifikasi hp dinonaktifkan terlebih dahulu agar kamu bisa fokus dalam belajar. Bermain media sosial ada waktunya sendiri, setelah belajar kamu bisa bermain media sosial kembali, tapi ingat ada batasannya dan jangan berlebihan bermain media sosial, karna itu dapat menyebabkan kamu tidak bisa lepas dari hp ataupun laptop.

  1. Membuat catatan materi yang dipelajari

Tidak hanya sekedar membacanya saja tapi juga perlu beberapa materi di catat agar kamu mudah menghafal dan mengingatnya. Apalagi jika itu materinya menggunakan rumus, akan lebih efektif jika kamu mencatatnya dan ketika ada tugas yang ada rumusnya kamu tinggal membuka catatanmu biar mencarinya lebih gampang. Pada saat ada ujian kamu akan lebih mudah untuk mengerjakan soal, karna sering mencatat hal-hal penting dimaterimu yang membuat kamu secara langsung membaca dan mengingat. Membuat catatan tidak hanya sekedar menulis saja, tapi juga di susun dan ditulis dengan rapi, agar catatannya kelihatan mudah dipahami.

  1. Istirahat sejenak

Dan yang terakhir adalah istirahat, kamu juga pasti akan merasakan lelahnya belajar atau melakukan kegiatan apapun. Apalagi kita belajar secara online yang mengharuskan pakai HP atau laptop, maka Kesehatan mata juga harus di jaga. Kamu bisa tidur untuk mengistirahatkan tubuh, bersantai di depan rumah dengan seduhan teh manis sambil menikmati pemandangan, atau kamu juga bisa jalan-jalan keluar untuk refreshing. Memaksakan tubuh untuk melakukan segala hal itu juga tidak baik untuk kesehatan. Jadi, kita menyempatkan waktu untuk istirahat walau sesibuk apapun.

Oke, itu tadi 5 tips agar tetap produktif dirumah saja dan jangan lupa untuk dilakukan, bukan sekedar angan-angan saja ya. Kalau kamu tidak melakukan aktifitas apapun dirumah, dimasa pamdemi ini akan terasa monoton dan membosankan. Nantinya kamu keterbiasaan malas-malasan melakukan kegiatan dan jadinya membuang waktu secara sia-sia. Kalau kamu ingin bimbingan belajar lebih, kamu bisa menggunakan aplikasi pembelajaran seperti ruangguru, zenius, kelas pintas dan masih banyak lagi yang dapat kamu unduh.(nov/fa)

No Comments

Post A Comment