Magang di Perusahaan ‘Startup’ itu Lebih Menguntungkan, Kenapa?

0
19

Bergabung dalam sebuah perusahaan besar menjadi impian hampir kebanyakan orang. Tak dimungkiri, umumnya kita beranggapan perusahaan besar akan memberikan kesejahteraan yang lebih bagi para karyawannya. Walau kenyataannya tidaklah selalu demikian.

Reputasi yang baik dari sebuah perusahaan besar juga kerap menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga banyak karyawan yang mencoba selalu mencari peluang dan kesempatan untuk masuk ke perusahaan yang berskala besar.

Tidak ada yang salah memang dengan pemikiran tersebut. Namun bagi kamu yang sedang bingung mencari tempat magang sebagai tugas akhir kuliah, ada baiknya mencoba untuk menengok sisi lain dari perusahaan yang masih kategori kecil bahkan pemula, yang belakangan ini disebut startup. Yakni perusahaan rintisan atau pemula berbasis teknologi.

Sebab perusahaan startup sejatinya justru bisa memberikan kesempatan yang lebih baik bagi para intern(mahasiswa magang), mengingat di tempat seperti inilah kamu justru akan bisa berperan lebih banyak dalam perkembangan perusahaan tersebut. Pada akhirnya, kamu akan bisa menemukan suatu tantangan-tantangan dalam upaya mengembangkan perusahaan tersebut, bukan?

Dan itu akan memberikan kepuasan tersendiri dan nilai lebih dari hasil magang kamu nantinya. Lalu, apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat magang di perusahaan startup?

1. Bekerja dan Berkarya Bersama Founder atau Owner

Founder Startup Kamu bisa berinteraksi langsung dengan founder lho

Orang yang sudah mampu mencapai posisi founder, maka tak diragukan bakat-bakat jenius yang dimilikinya. Nah, dengan magang di perusahaan startup, maka peluang kamu untuk bekerja dan berkarya bersama foundersemakin besar.

Dan hal itu akan memberikan keuntungan lebih pada pengalaman magang kamu, karena kamu berinteraksi langsung dengan founder dan bisa mengambil ilmu dan pengalaman dia.

Orang-orang yang di perusahaan startup dipastikan mereka yang memiliki motivasi dan bakat yang tinggi, karena berpikir dan berupaya keras bagaimana menjalankan dan mengembangkan sebuah usaha tersebut.

Nah, bila kamu membaur dengan ritme kerja mereka, maka motivasi dan inovasi kamu pun juga akan ikut terasah dengan baik. Saat bergabung dengan perusahaan ini, kamu akan memiliki kesempatan luas untuk bekerjasama dengan orang-orang berbakat ini. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan menangani sebuahproject yang menantang.

2. Kamu Punya Kesempatan Belajar Seluas-luasnya

Perlu kamu ketahui, hanya di perusahaan startup saja kamu bisa bebas memiliki banyak sekali kesempatan untuk mempelajari berbagai hal, terutama yang terkait dengan bidang perusahaan tersebut. Sedangkan jika di perusahaan besar, maka kamu hanya akan memiliki ruang lingkup kerja yang terbatas.

Dengan ruang lingkup yang lebih luas di perusahaan startup ini, maka kamu bisa mempelajari segala hal dengan cepat dan ini sangat penting untuk membangun karir kamu nantinya.

Jika perusahaan magang kamu itu menggunakan sistem teknologi digital, maka kamu akan sangat diuntungkan. Sebab kamu bisa belajar banyak hal di sana. Bayangkan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk mempelajari terkait sistem digital saat ini. Nah, di perusahaan startup ini, kamu bisa belajar gratis, bahkan digaji pula.

3. Kamu Akan Menemukan Suasana Kerja yang Asyik

Sesuai dengan kategorinya, yakni perusahaan rintisan atau pemula, maka bila kamu magang di sini pasti akan menikmati suasana kerja yang menyenangkan atau istilahnya casual. Sebab hampir sebagian besar orang-orang yang tergabung di perusahaan startup adalah anak-anak muda.

Bahkan kalaupun rata-rata tidaklah muda lagi pekerjanya, namun mereka umumnya tetap berjiwa muda. Anda bisa menikmati budaya kerja ala anak muda dan berinteraksi dengan lingkungan yang lebih santai dan nyaman.

Tentu ini akan membuat suasana magang kamu menjadi seru dan mengasyikkan, bukan? Kamu bisa bertukar pikiran dan ide dengan santai tanpa rasa canggung karena rata-rata usia mereka tidak akan jauh dari kamu. Maka manfaatkanlah kesempatan baik magang di perusahaan startup ini.

4. Kamu Bisa Terlibat atau Menangani Proyek Secara Penuh

Perusahaan Starup Ruang lingkup kecil perusahaan startup

Kecilnya lingkup kerja yang akan kamu temui di perusahaan startup bisa memberikan keuntungan tersendiri. Sebab kamu berpotensi mendapatkan peluang untuk langsung menangani proyek-proyek perusahaan, atau bahkan bertanggung jawab penuh menangani proyek tersebut.

Tentu hal ini akan sangat menyenangkan dan menguntungkan bagi kamu. Sebab kamu akan memiliki kesempatan besar untuk praktik dan menguji kemampuan atau skill yang kamu miliki.

5. Ada Kesempatan Belajar Menjadi Entrepreneur

Entrepreneur Manfaatkan kesempatan untuk belajar menjadi pengusaha

Berbeda dengan perusahaan besar yang hanya akan memberikan kamu tugas dan tanggung jawab, yang mungkin saja kecil. Di perusahaan startup, kamu justru bisa melihat dan ikut serta dalam membangun perusahaan itu sendiri. Kamu bisa belajar banyak hal termasuk bagaimana mengembangkan dan mengelola sebuah perusahaan dengan baik.

Bukan menjadi pekerja saja, di perusahaan startup, kamu akan memiliki kesempatan untuk belajar menjadi seorang entrepreneur (pengusaha) juga. Inilah salah satu ilmu yang paling berharga yang bisa kamu dapatkan di masa depan.

6. Bisa Maksimal Menggali Potensi Diri

Potensi Diri Kembangkan potensi secara maksimal

Bukan yang biasa-biasa saja. Di perusahaan startup, kamu bisa memiliki kesempatan untuk bisa menggali kemampuan semaksimal mungkin. Terlebih lagi bila bakat kamu sesuai dengan perusahaan startpup tempat kamu magang.

Di sini, kamu bisa menuangkan semua ide dan inspirasi serta kreatifitas yang dimiliki. Sehingga kamu bisa menggali dan mengembangkan potensi diri sebaik mungkin.

Tidak terbatas, kamu bisa berkembang bersama dengan perusahaan ini dengan mengandalkan semua kemampuan terbaik yang ada di diri kamu. Hal ini akan sangat menguntungkan dan bisa memberikan kamu kepuasan tersendiri, mengingat kamu bisa menuangkan ide dan kreatifitas secara maksimal.

Di sini, kamu akan dilatih untuk terbiasa berpikir kritis, serta memiliki kemampuan yang baik dalam menganalisa dan mengelola suatu project. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini.

7. Lingkungan Kerja yang Nyaman

Kerja di Perusahaan Startup Nikmati lingkungan kerja yang menyenangkan di perusahaan startup

Namaya juga perusahaan rintisan yang dihuni oleh sebagian besar anak-anak muda atau mereka yang sudah berumur namun berjiwa muda, maka untuk menunjang suasana yang nyaman, biasanya akan disediakan aneka makanan ringan (snack). Ini lebih terdengar seperti memenuhi kebutuhan generasi micin!

Selain itu, kamu juga akan menjumpai ruang atau tempat kerja yang bisa dibilang cozy (nyaman dan santai). Bukan seperti ruang kerja yang tampak formal atau kaku, namun kamu akan melihat duduk dan bekerja seperti halnya berada di kafe. Bahkan fasilitas yang bisa dijumpai adalah ruang untuk menghilangkan penat sejenak, yakni tidur siang. Menyenangkan, bukan?

Jangan Ragu, Pilihlah Magang di Perusahaan Startup untuk Berlajar Lebih Banyak

Kendati kebanyakan orang akan berpendapat bahwa perusahaan besar merupakan tempat yang bagus untuk magang karena kondisinya yang sudah stabil, sejatinya justru perusahaan startup lah yang memberikan keuntungan lebih bagi para mahasiswa yang mau magang. Bukan hanya belajar dan mendapatkan pengalaman kerja, di perusahaan startup, kamu juga bisa menemukan suasan kerja yang menyenangkan dan fleksibel, dan ini bisa membuat kerja kamu bisa maksimal.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here