Meningkatkan Produktivitas Melalui Cara Berpikir Positif Ini

0
22
meningkatkan produktivitas

Setiap perusahaan tentu ingin karyawannya memiliki produktivitas yang maksimal. Semakin tinggi produktivitas karyawannya, maka keuntungan yang diperoleh perusahaan juga bisa semakin banyak. Tentu, produktivitas yang diinginkan disertai dengan minimnya kecelakaan maupun kesalahan dalam bekerja.

Produktivitas setiap orang tentu berbeda-beda. Adanya banyak hal yang mempengaruhi produktivitas seseorang, contohnya adalah perasaan yang sedang dialami.

Perasaan atau suasana hati sangat mempengaruhi mood seseorang. Mood sangat mempengaruhi kualitas kerja para karyawan. Oleh sebab itu, mood karyawan harus tetap dijaga. Salah satu caranya adalah dengan senantiasa berpikiran positif. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai langkah apa saja yang bisa dilakukan agar produktivitas kerja bisa maksimal setiap harinya.

1. Bersyukur untuk Setiap Aspek Hidup

Dalam hidup, ada banyak aspek yang bisa membuat Anda merasa bersyukur. Biasanya seseorang bersyukur karena ada perasaan beruntung karena telah mencapai atau memiliki sesuatu yang sangat berharga. Ada banyak hal yang patut Anda syukuri, misalnya keluarga, kemampuan, pekerjaan kini dan lain sebagainya. Atau justru kemalangan yang dialami yang berhasil dihindari.

Misalnya Anda hampir saja menabrak seseorang di tengah jalan saat hendak berangkat ke kantor. Tentu Anda sangat merasa bersyukur karena tidak ada fisik yang dilukai saat itu. Selain itu juga bisa mensyukuri keluarga yang selama ini sangat mendukung keputusan Anda. Apapun, syukurilah dan tersenyumlah sebagai tanda bahwa Anda merasa Anda sangat beruntung!

2. Kurangi Panik Berlebihan dan Tingkatkan Optimisme

Banyak orang memilih untuk menyerah sebelum memulai sesuatu. Alasannya kebanyakan karena mereka terlalu tidak percaya diri. Padahal jika dilakukan, mereka bisa belajar hingga mereka merasa bahwa mereka mampu melakukannya.

Tidak ada hal yang terlalu besar dan terlalu sulit jika mau mencoba dan mau berjuang. Jika memang belum berpengalaman untuk sebuah tanggung jawab besar dari atasan, inilah saatnya untuk memperoleh pengalaman tersebut. jangan membatasi potensi diri. Terus gali apa yang menjadi kelemahan Anda dan belajarlah untuk sembuh dari kelemahan tersebut. berikan semangat pada diri sendiri sebelum mulai mengerjakan sesuatu. Optimis saja hingga bisa! Berhenti mengeluh dan tingkatkan potensi diri Anda!

3. Bergaul dengan Orang yang Telah Berpikir Positif Terlebih Dahulu

Memang tidak dapat dipungkiri jika memang lingkungan sangat berpengaruh pada pembentukan karakter seseorang. Oleh karena itu, jika ingin menjadi pribadi yang berpikiran positif, maka bergabunglah dengan mereka yang sudah baik dalam mengendalikan pikirannya agar tetap positif dalam setiap keadaan.

Jika Anda bergaul dengan orang yang suka mengeluh, maka Anda pun akan mudah mengeluh, sama sepertinya. Bergaul dapat membuat orang-orang saling bertukar pikiran sehingga ketika terjadi pertukaran pikiran akan terjadi saling mempengaruhi untuk menyetujui pendapat lawan bicara.

4. Luangkan Waktu untuk Membantu

Di luar sana, banyak yang sedang menunggu uluran tangan untuk membantu mereka. Oleh sebab itu, menjadi dermawanlah pada mereka. Sangat sederhana, sesederhana Anda membantu seorang nenek untuk menyebrang jalan. Kebaikan sesederhana itu pun bisa dilakukan dan tentu membuat orang yang ditolong merasa beruntung akan kehadiran Anda yang telah menolong mereka.

Atau bisa juga menolong karena ingin balas budi kepada orang lain. Mungkin seseorang pernah membantu Anda saat berada dalam kesulitan yang cukup parah. Anda juga bisa membantu lewat cara tersebut.

5. Olahraga Teratur

Tubuh yang sehat tentu membuat pikiran lebih jernih dalam berpikir sehingga bisa lebih positif dalam berpikir juga. Oleh karena itu, sempatkanlah diri untuk berolahraga di sore hari.

Jangan Mengeluh dan Teruslah Bersyukur

Jika saat ini Anda mengalami masalah, ingatlah bahwa di luar sana banyak yang memiliki masalah yang lebih sulit dari yang sedang dialami. Hidup yang dijalani sekarang seharusnya membuat Anda semakin merasa bahwa Anda sangat beruntung.

Setiap kesulitan yang dihadapi anggaplah itu sebuah kesempatan dari Tuhan agar bisa berpikir lebih kritis lagi dan bertindak lebih bijak lagi sehingga bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat.

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/meningkatkan-produktivitas-melalui-cara-berpikir-positif-ini

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here