Skill yang Wajib Dimiliki di Era Sekarang

0
23
Skills

Berapa umurmu saat ini? Berapapun itu, bukanlah menjadi masalah besar. Apapun pekerjaan yang kamu lakukan saat ini, baik pelajar atau pengusaha, kamu tetap harus memiliki skill alias kemampuan. Semua manusia memiliki skill yang berbeda-beda. Jadi jangan pernah mengatakan kalau dirimu tidak memiliki skill.

Tuhan menciptakan manusia dengan skill dan talenta yang berbeda-beda. Hanya saja, talenta itu didapatkan secara harfiah atau alami. Sedangkan skill merupakan sesuatu yang bisa diasah agar semakin tajam dari hari ke hari.

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, memiliki skill itu merupakan hal wajib. Apalagi jika kamu ingin mendapatkan posisi yang layak di masyarakat. Kerasnya persaingan yang ada saat ini memang mengharuskanmu untuk lebih dan lebih lagi daripada yang lain. Untuk itu, ada beberapa skill yang memang harus kamu miliki di era sekarang. Apa sajakah itu?

1. Mampu Berbahasa Asing

Bisa Berbicara Lebih dari 2 Bahasa Bisa Berbicara Lebih dari 2 Bahasa

Ada berapa bahasa yang berhasil kamu kuasai saat ini? Jika hanya menguasai bahasa ibu (Bahasa Indonesia), sudah saatnya beralih untuk menguasai bahasa asing. Apalagi di era seperti sekarang, menguasai satu bahasa saja tidak cukup. Globalisasi dan MEA sudah terjadi, ini menuntutmu untuk mampu berbahasa asing.

Dari sekian banyak bahasa yang ada di dunia, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang wajib dikuasai. Bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa internasional. Kemanapun kamu pergi, Bahasa Inggris tetap akan digunakan. Jika kamu sudah mahir berbahasa Inggris, kamu bisa mencoba bahasa lainnya. Misalnya: Bahasa Mandarin, Jepang, Jerman, Prancis, atau Bahasa Spanyol.

2. Public Speaking

Bisa Berbicara di Depan Umum Bisa Berbicara di Depan Umum

Ini juga tak kalah pentingnya jika dibandingkan dengan bahasa asing. Berani dan mampu berbicara di depan banyak orang menjadi skill yang harus kamu miliki. Apalagi di zaman seperti sekarang yang semuanya serba presentasi. Baik melamar kerja maupun menjalin kerja sama, keduanya menuntutmu harus berani dan mampu ber-public speaking. Kemampuan ini bisa kamu dapatkan dengan sering berbicara di depan banyak orang. Manfaatkan tugas presentasi di depan kelas untuk meningkatkan kemampuan public speaking dan self-confidence.

3. Mampu Mengoperasikan Microsoft

Mengoperasikan Software Microsoft

Mengoperasikan Software Microsoft

Jika kamu masih berstatus pelajar, kemampuan mengoperasikan Microsoft memang tidak terlalu penting. Namun, ini akan sangat berguna jika ingin mencari pekerjaan. Apabila kamu dapat mengoperasikan setidaknya 3 aplikasi Microsoft, maka kamu akan mendapatkan nilai lebih di mata perusahaan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Jika masih muda, manfaatkan usia mudamu untuk belajar mengasah skill.

4. Mampu Mengoperasikan Software Pengolah Gambar

Mampu Mengoperasikan Software untuk Mendesain Mampu Mengoperasikan Software untuk Mendesain

Mampu mengolah gambar mungkin terlihat sepele, namun ini sangat berguna. Jika kamu mampu mengelola software, seperti: Photoshop atau Corel Draw, kamu akan memiliki nilai lebih. Kemampuan ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.Tertarik?

5. Mampu Menulis

Memiliki Skill Menulis Konten Memiliki Skill Menulis Konten

Menulis di sini bukan sekadar memindai apa yang ada di buku ke buku catatan. Menulis di sini maksudnya mampu merangkai kata-kata sehingga menghasilkan kalimat yang bagus. Percaya atau tidak, kemampuan ini dapat membuatmu hidup sejahtera. Saat ini, banyak media yang membutuhkan jasa penulis untuk content writer di majalah atau tabloid. Selain menulis di majalah, kamu juga bisa mengirim hasil tulisanmu pada beberapa situs. Jika hasil tulisanmu bagus dan informatif, maka situs tersebut tak akan langsung mempekerjakanmu. Mendapat uang secara instant? Mungkin sekali jika kamu memiliki skill ini.

6. Mampu Memahami Bahasa Pemrograman

Mengenal dan Memahami Bahasa Pemrograman Mengenal dan Memahami Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman memang sulit untuk dipahami. Namun, bukan berarti bahasa ini tidak dapat dipelajari ya. Bagi kamu yang memang ingin belajar tentang kode-kode di pemrograman, kamu dapat memulainya sekarang juga. Sebagai permulaan, kamu hanya perlu memahami bahasa dasar saja. Secara bertahap, kamu dapat beralih ke bahasa pemrograman yang lebih sulit. Kamu bisa belajar hal ini dari teman yang ahli mengoperasikan komputer. Bisa juga dengan mengikuti kursus.

Pilih yang Sesuai dengan Keahlian dan Hobi

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Jika skill yang kamu miliki masih pas-pasan, asahlah mulai dari sekarang. Kamu bisa memanfaatkan teman, internet, bahkan mengikuti kursus untuk mengasah skill yang dimiliki. Yakinlah pada dirimu, maka kamu akan menjadi salah satu yang terbaik di dunia ini.

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/skill-yang-wajib-dimiliki-di-era-sekarang

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here