Pelatihan Conten Creator, KSTV Berbagi Tips Youtuber

Pelatihan Conten Creator, KSTV Berbagi Tips Youtuber

Tidak dipungkiri, bagi seorang calon content creator Youtube, nilai potensi penghasilan dari sana merupakan salah satu daya tarik tersendiri. Nah, menangkap peluang tersebut, tim conten creator KSTV Kediri berbagi tips bersama sivitas SMK Islam 1 Durenan pada acara Sekolah Jurnalistik dan Konten Kreator, Kamis (28/10).

Pembicara dari KSTV, Yakub, menegaskan bahwa pendapatan Youtube memang menjadi daya tarik yang menggiurkan. Apalagi, profesi conten creator ini bisa dilakukan oleh siapa pun dengan bidang yang diminati. “Banyak pendapatan youtuber terkenal di Indonesia yang mencapai angka ratusan juta higga milyaran,” tuturnya.

Agar bisa sukses dalam bermain Youtube, menurut Yakub, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antara hal tersebut adalah content yang sesuai passion. “Konten kita harus fokus pada bidang tertentu bukan sembarang video yang diupload,” ungkap Yakub.

Yakub mencontohkan, bila seseorang suka ternak sapi maka sebaiknya video yang diunggah adalah seputar sapi juga. “Entah sapi makan, lahiran, atau kompetisi sapi,” ujarnya. Yakub juga mengaku memiliki teman yang suka ternak kambing dan berhasil di Yotubenya.

“Dari keberhasilannya tersebut, akhirnya ada turunan sukses lainnya. Karena Youtube-nya terkenal, dia kemudian mendapatkan tawaran endorse produk pakan kambing dan promosi produk-produk yang berkaitan dengan ternak,” ungkap jurnalis senior KSTV ini.

Selain fokus pada topik yang disukai, lanjut Yakub, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ide kreatif. Mengingat ide kreatif bahkan bisa muncul di kondisi tak terduga, Yakub menyarankan agar para content creator pemula untuk selalu siap. “Kalau saya, jika sekiranya ada ide brilian yang muncul tiba-tiba, saya cukup merekamnya dengan hp,” pungkasnya.(fa)

No Comments

Post A Comment