Pelantikan Pramuka Penegak Garuda SMK Islam 1 Durenan

Pelantikan Pramuka Penegak Garuda SMK Islam 1 Durenan

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek menggelar Pelantikan Pramuka Penegak Garuda yang bertempat di bumi perkemahan SDN 2 Sengon Bendungan Trenggalek, kegiatan itu dirangkai dalam sebuah perkemahan pada sabtu, 25 September s.d Minggu, 26 September 2021. SMK Islam 1 Durenan tergabung dalam kegiatan tersebut, delapan siswa yang akan menjadi Pramuka Penegak Garuda yang pada saat itu dilantik langsung oleh Ketua Kwratir Cabang Trenggalek Syah Muhammad Natanegara.

Setelah persiapan selesai suasana menjadi sedikit tegang ketika siswa-siswi yang akan dilantik diberi pertanyaan oleh dewan pembina kesiapan menjadi pramuka penegak garuda. Secara tegas dan lantang para siswa-siswi yang akan dilantik menjawab siap. Siap sebagai teladan di lingkungan baik di keluarga, sekolah, pergaulan dan masyarakat. Kemudian masuk ke acara ini yakni penyematan tanda pramuka penegak garuda. Penyematan tanda pelantikan di kalungkan langsung oleh Ketua Kwratir Cabang Trenggalek dan Kamabigus SMK Islam 1 Durenan yang didampingi oleh pembina Gugus Depan masing-masing.

Pembina pramuka SMK Islam 1 Durenan menegaskan bahwa untuk menjadi pramuka penegak garuda tidak di dapat dengan cara instan namun harus menyelesaikan ujian SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus). Pramuka penegak garuda adalah tingkatan tertinggi pada tingkat penegak, yakni setelah penegak bantara dan penegak laksana. Lebih lanjut pembina mengucapkan selamat kepada siswa-siswa yang telah dilantik menjadi pramuka penegak garuda dan juga mengucapkan selamat kepada delapan siswa yang telah dilantik. Upacara di tutup dengan pembacaan doa oleh petugas upacara. Dan dilanjutkan dengan foto bersama dengan seluruh siswa siswi yang dilantik beserta seluruh kakak pembina pramuka.

 

Berita dan Foto : Dewi R.

No Comments

Post A Comment