Belajar Jurnalis Digital Bersama MASPION IT

Belajar Jurnalis Digital Bersama MASPION IT

Semakin meluasnya pemanfaatan internet tak bisa dihindari, mengubah pola dalam mengakses informasi dan cara media menyediakan berita. Digitalisasi ini menciptakan iklim perubahan pola konsumsi berita dari media konvensional ke digital. Peralihan besar ke digital ini diikuti juga perkembangan lainnya, yaitu alokasi iklan, cara kerja jurnalis, dan jurnalisme. Jurnalisme yang dikembangkan media juga “menyesuaikan” dengan arus perubahan ini.

Pada Kamis, 30 September 2021 SMK Islam 1 Durenan diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan Magang dan Pelatihan guru plus siswa dengan tema “Menulis Kreatif Jurnalis Digital Bersama Harian Surya – Kompas Gramedia Group”. Menulis adalah Salah satu kegiatan untuk membuka jendela dunia. Langkah awal untuk membangun kreatifitas, menuangkan ide, gagasan pikiran yang kritis dan kreatif. Di era modern saat ini kita dapat mempublikasikan tulisan lewat media sosial baik instagram, facebook, twiter yang sangat marak digunakan.

Dalam kegiatan ini kita belajar bagaimana menulis di media sosial yang tentunya tetap menggunakan prinsip penulisan 5W + 1 H (what, who, when, where, why & how). Peserta diberi kesempatan untuk membuat sebuah berita di instagram dan kemudian dievaluasi oleh pemateri, dengan harapan setelah kembali ke sekolah masing-masing peserta mampu mengelola informasi sekolah melalui media sosial.

Perlu diingat, bukan hanya asal menulis di media sosial sebagai postingan yang tidak ada gunanya. Ambil sisi positifnya, karena bukan hanya ajang untuk menampilkan sebuah mahakarya gambar yang indah, juga menjadi sarana informasi yang selalu update, tulisan yang menarik dari gagasan pikiran kita sebagai generasi muda, dari tulisan itu kita bisa memotivasi orang lain untuk mau menulis kreatif di media sosial. Ayo wujudkan generasi muda yang bisa menulis kritis, kreatif untuk mewujudkan generasi muda yang berkualitas.

 

Berita dan Gambar : Dewi R.

No Comments

Post A Comment